Pejabat Nigeria : Boko Haram jauh lebih kuat dibanding militer Nigeria


Ilustrasi



ABUJA – Mujahidin Jamaah Ahli Sunnah Liddawati Wal Jihad Nigeria atau yang lebih dikenal dengan sebutan Boko Haram, disebut jauh lebih baik dalam segi perlengkapan dibanding militer Nigeria yang memeranginya, ujar pernyataan gubernur salah satu wilayah di Nigeria di mana Mujahidin melancarkan serangan.

“Boko Haram jauh lebih baik dalam segi persenjataan dan lebih termotivasi daripada pasukan kami,” ujar Kashim Shettima setelah pertemuan pada Senin (17/2/2014) dengan Presiden Goodluck Jonathan.

“Mengingat keadaan saat ini, benar-benar mustahil bagi kami untuk mengalahkan Boko Haram,” lanjut Shettima seperti dikutip oleh Reuters.

Jonathan memerintahkan pasukan tambahan ke timur laut Nigeria pada bulan Mei lalu untuk menghancurkan kekuatan Mujahidin Nigeria tersebut, yang bercita-cita mendirikan negara Islam di wilayah utara Nigeria di mana sebagian besar penduduknya adalah Muslim.

Pernyataan Shettima dibantah oleh seorang juru bicara militer, Brigadir Jenderal Chris olukolade.

“Itu tidak benar,” klaimnya. “Ya, mereka membawa senjata ilegal, tapi itu tidak lebih baik daripada tentara nigeria.”

Namun ia mengakui bahwa adanya kebutuhan untuk perbaikan di dalam tubuh pasukan.

Pengamat keamanan mengatakan militer Nigeria telah mengerahkan tentaranya, membentang di wilayah yang luas dan jarang penduduk di bukit berbatu di mana militer meyakini sebagai tempat persembunyian Mujahidin. Namun hingga saat ini serangan mematikan oleh Mujahidin Nigeria masih terus terjadi dan menjadi ancaman menakutkan bagi tentara Nigeria. (haninmazaya/arrahmah.com)

Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Note: only a member of this blog may post a comment.

Thanks for your comment